Jadi menemukan keseimbangan antara
pekerjaan dan hidup pribadi adalah faktor penting dalam mencapai
kebahagiaan dan produktifitas. Semakin sedikit stress yang anda
dapatkan dalam hidup, semakin produktiflah anda. Lihat lebih dekat lagi
pekerjaan anda.
1. Apakah pekerjaan anda memuaskan?
2. Apakah pekerjaan anda menyenangkan?
3. Apakah pekerjaan anda sesuatu yang anda benci?
4. Apakah pekerjaan anda sesuatu yang anda hindari?
Ingat, suka atau tidak – pekerjaan anda
adalah sumber penghasilan anda. Semakin cepat anda menghargai nilai
dari apa yang anda kerjakan, semakin mudah segalanya berjalan.
KENALILAH DIRIMU
Penting sekali jika anda mengetahui
jenis manakah anda: Hidup untuk Kerja atau Kerja untuk Hidup? Ini akan
mengembangkan ekspektasi anda terhadap diri anda sendiri, serta
produktivitas anda dalam pekerjaan.
Nikmatilah hidup anda, nikmatilah
pekerjaan anda. Kami mengerti tantangan sehari – hari yang anda hadapi,
terutama bagi wanita. Namun lihat sejauh mana anda sudah berhasil
capai! Beri selamat kepada diri anda sendiri!
Berikut ini daftar yang LiveOlive buat untuk karyawan baru:
1.BICARALAH DENGAN BAGIAN PERSONALIA SEBELUM BAGIAN PERSONALIA BICARA DENGAN ANDA
Bicara dengan bagian Personalia/Human
Resources mengenai protocol perusahaan, tunjangan kesehatan, potongan
gaji, dan sebagainya. Jadikan bagian Personalia teman anda namun jangan
berlebihan. Anda baru masuk ke perusahaan tersebut, maka anda
memerlukan bimbingan dari bagian Personalia/Human Resources.
2.PELAJARI TENTANG PERUSAHAAN ANDA
Kami berasumsi bahwa ketika anda
melamar pekerjaan tersebut, anda tahu mengenai perusahaan dimana anda
melamar tersebut. Namun banyak protocol, isu, prosedur dan dinamika
yang tidak dapat anda baca di website mereka. Baca Company Profile
perusahaan tersebut, flyer serta brosur, juga bicara dengan karyawan –
karyawan lain yang bekerja di sana. Pelajari lebih lagi!
3.KENALILAH DIRIMU
Dapatkan penjelasan mengenai pekerjaan
anda, klasifikasi dan spesifikasi serta titel pekerjaan anda. Cari tahu
apa ekspektasi orang – orang terhadap anda.
4.KENALILAH ORANG LAIN
Orang lain mungkin terlalu sibuk dengan
pekerjaan mereka, namun mereka pasti akan menerima dengan tangan
terbuka kedatangan kolega baru. Cari tahu mengenai struktur organisasi
perusahaan serta visi dan misi departemen anda.
5.MASA PERCOBAAN
Dengan supervisor anda, diskusikan masa
percobaan anda yang umumnya tiga bulan tersebut. Apakah ekspektasi
yang dia harapkan, evaluasi pekerjaan anda selama masa percobaan maupun
setelahnya, rencana pelatihan/training anda selama masa percobaan.
6.MASUK ATAU TIDAK MASUK
Pelajari jadwal pekerjaan anda,
prosedur jika anda berhalangan hadir, penggunaan cuti, jadwal
pembayaran, serta aturan pekerjaan di departemen anda.
7.JADILAH TURIS
Lakukan tur di perusahaan anda. Cari
tahu dimana benda – benda yang anda mungkin butuhkan berada, dimana
orang – orang yang mungkin akan anda perlukan berada, familiarisasikan
diri anda terhadap hal – hal tersebut, bagaimanapun juga anda akan
berada di situ dalam jangka waktu yang laaaama…
kunjungan pertama, salam kenal dari ane http://www.sundaboy.com/ tengkyu
BalasHapustrims komennya gan ,saya pasti berkunjung ke blog agan..trims
Hapus